Minggu, 19 Februari 2012

Menemukan Peluang Baru Dari Pelanggan


MENEMUKAN PELUANG BARU DARI PELANGGAN
By : Tri Eka Januriastuti

A.     Pengertian pelanggan
Perusahaan sering melakukan kegiatan analisis pelanggan, sehingga akan menentukan peluang baru yang terbuka dan perlu ditindak lanjuti. Peluang baru dapat mendorong dalam meningkatkan omzet penjualan.
Untuk itu ketika menjalin hubungan baik dengan para pelanggan, alangkah baiknya jika perusahaan dan para penjual telah mempersiapkan diri dengan catatan, sehingga dapat mengumpulkan informasi tetang peluang-peluang baru yang sangat penting.
Bagi perusahaan yang memproduksi barang dan jasa, keberadaan pelanggan adalah mahapenting. Sehingga pelanggan merupakan asset perusahaan.
Sebelum melakukan analisis pelanggan, kita perlu tahu terlebih dahulu apa pelanggan itu? Pelanggan adalah rekan atau mitra yang telah sekian lama menjalin kerja sama dalam melakukan usaha.

Secara umum pelanggan dibedakan menjadi dua yaitu:
1.     Pelanggan internal adalah pelanggan yang berasal dari dalam perusahaan. Contoh bagian akuntansi melayani jasa penyusunan laporan keuangan bagi bagian pemasaran.
2.    Pelanggan eksternal adalah pelanggan yang berasal dari luar perusahaan, atau pelanggan yang terakhir. Contoh masyarakat membeli produk

B.     Klasifikasi pelanggan
1.     Pelanggan dari segi banyaknya terdiri dari pelanggan individu dan pelanggan family
2.    Pelanggan dari segi usia
3.    Pelanggan dari segi jenis kelamin
4.    Pelanggan dari segi tingkat penghasilan
5.    Pelanggan dari segi pendidikan
6.    Pelanggan dari segi waktu pembelian
7.    Pelanggan dari segi geografis
8.    Pelanggan dari segi agama
   
C.     Analisis pelanggan
Analisis pelanggan merupakan bagian dari riset pemasaran untuk mengumpulkan data yang akan digunakan pimpinan untuk menentukan kebijakan pemasaran dan membuat keputusan-keputusan yang lebih baik. Dari berbagai informasi bisnis akan ditemukan peluang-peluang baru dari pelanggan yang dapat dijalankan.

Riset pasar adalah pengumpulan, pencatatan dan analisis secara sistematis, atas informasi yang berkaitan dengan pemasaran barang dan jasa.

Riset pasar dapat membantu penjual dan perusahaan untuk:
1.     Menemukan pasar yang menguntungkan
2.    Memilih produk yang dapat dijual
3.    Menentukan perubahan dalam perilaku konsumen
4.    Meningkatkan teknik-teknik pemasaran yang baik
5.    Merencanakan sasaran yang realistis

Selanjutnya, agar diperoleh data yang akurat dan valid dalam riset pasar. Kita harus menentukan sumber data yang akan dijadikan metode penelitian dan prosedur penelitian yang akan digunakan.
a.    Penentuan Sumber data
Pada umumnya, perolehan sumber informasi analisis pelanggan dibagi dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer berasal dari pelanggan itu sendiri sedangkan data sekunder berasal dari pihak luar perusahaan, misalnya dari Badan Pusat Statistik dan media cetak.
b.    Metode Penelitian yang digunakan
Agar riset pemasaran dan kegiatan analisis pelanggan dapat berjalan lancer dan berhasil maka perusahaan menggunakan metode yang tepat. Metode penelitian pasat dibagi menjadi empat yaitu:
1.     Metode survey yaitu yang dilakukan perusahaan dengan mengajukan daftar pertanyaan kepada calon responden mengenai hal/tanggapan tentang produk yang dikonsumsi. Metode ini dapat dilakukan dengan wawancara.
2.    Metode historis yaitu metode penelitian dengan cara membandingkan antara data yang telah lau dengna data yang baru. Metode ini dapat dimanfaatkan untuk mengukur potensi pasar, mengetahui kecenderungan harga pasar, dan menganalisis biaya distribusi.
3.    Metode pengamatan (Observasi)  yaitu yang dilakukan oleh perusahaan atau penjual kepada konsumen dengna melihat secara langsung berbagai kegiatan yang diterima langsung dilapangan
4.    Metode percobaan (Eksperimen) yaitu yang dilakukan untuk mengetes berbagai macam jenis reklame, promosi, penjualan untuk mendeteksi harga-harga, produk-produk dan bungkusan baru.

c.      Macam-macam informasi dan data yang digunakan oleh perusahaan dibagi menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitaf. Data kualitatif adalah data yang peburupa kata-kata yang digunakan untuk penelitian dengan perubahan-perubahan trend dan selera konsumen. Sedangkan kuantitatif adalah data yang berupa angka-angka yang dapat diperhitungkan, misalnya harga barang, jumlah saingan produk.
d.    Prosedur penelitian pasar
Prosedur penelitian pasar meliputi:
1.     Merumusan masalah dan tujuan riset
2.    Mengembangkan sumber-sumber informasi
3.    Mengumpulkan informasi
4.    Menganalisis informasi
5.    Menyajikan penemuan-penemuan