MENEMUKAN
PELUANG BARU DARI PELANGGAN
By : Tri Eka Januriastuti
A. Pengertian pelanggan
Perusahaan
sering melakukan kegiatan analisis pelanggan, sehingga akan menentukan peluang
baru yang terbuka dan perlu ditindak lanjuti. Peluang baru dapat mendorong
dalam meningkatkan omzet penjualan.
Untuk
itu ketika menjalin hubungan baik dengan para pelanggan, alangkah baiknya jika
perusahaan dan para penjual telah mempersiapkan diri dengan catatan, sehingga
dapat mengumpulkan informasi tetang peluang-peluang baru yang sangat penting.
Bagi
perusahaan yang memproduksi barang dan jasa, keberadaan pelanggan adalah
mahapenting. Sehingga pelanggan merupakan asset perusahaan.
Sebelum
melakukan analisis pelanggan, kita perlu tahu terlebih dahulu apa pelanggan
itu? Pelanggan adalah rekan atau mitra yang telah sekian lama menjalin kerja
sama dalam melakukan usaha.
Secara
umum pelanggan dibedakan menjadi dua yaitu:
1. Pelanggan internal adalah pelanggan yang
berasal dari dalam perusahaan. Contoh bagian akuntansi melayani jasa penyusunan
laporan keuangan bagi bagian pemasaran.
2. Pelanggan eksternal adalah pelanggan yang
berasal dari luar perusahaan, atau pelanggan yang terakhir. Contoh masyarakat
membeli produk
B. Klasifikasi pelanggan
1. Pelanggan dari segi banyaknya terdiri dari
pelanggan individu dan pelanggan family
2. Pelanggan dari segi usia
3. Pelanggan dari segi jenis kelamin
4. Pelanggan dari segi tingkat penghasilan
5. Pelanggan dari segi pendidikan
6. Pelanggan dari segi waktu pembelian
7. Pelanggan dari segi geografis
8. Pelanggan dari segi agama
C. Analisis pelanggan
Analisis
pelanggan merupakan bagian dari riset pemasaran untuk mengumpulkan data yang
akan digunakan pimpinan untuk menentukan kebijakan pemasaran dan membuat
keputusan-keputusan yang lebih baik. Dari berbagai informasi bisnis akan
ditemukan peluang-peluang baru dari pelanggan yang dapat dijalankan.
Riset
pasar adalah pengumpulan, pencatatan dan analisis secara sistematis, atas
informasi yang berkaitan dengan pemasaran barang dan jasa.
Riset pasar
dapat membantu penjual dan perusahaan untuk:
1. Menemukan pasar yang menguntungkan
2. Memilih produk yang dapat dijual
3. Menentukan perubahan dalam perilaku
konsumen
4. Meningkatkan teknik-teknik pemasaran yang
baik
5. Merencanakan sasaran yang realistis
Selanjutnya,
agar diperoleh data yang akurat dan valid dalam riset pasar. Kita harus
menentukan sumber data yang akan dijadikan metode penelitian dan prosedur
penelitian yang akan digunakan.
a.
Penentuan Sumber data
Pada umumnya,
perolehan sumber informasi analisis pelanggan dibagi dua yaitu sumber data
primer dan sekunder. Data primer berasal dari pelanggan itu sendiri sedangkan
data sekunder berasal dari pihak luar perusahaan, misalnya dari Badan Pusat
Statistik dan media cetak.
b.
Metode Penelitian yang digunakan
Agar riset
pemasaran dan kegiatan analisis pelanggan dapat berjalan lancer dan berhasil
maka perusahaan menggunakan metode yang tepat. Metode penelitian pasat dibagi
menjadi empat yaitu:
1. Metode survey yaitu yang dilakukan
perusahaan dengan mengajukan daftar pertanyaan kepada calon responden mengenai
hal/tanggapan tentang produk yang dikonsumsi. Metode ini dapat dilakukan dengan
wawancara.
2. Metode historis yaitu metode penelitian
dengan cara membandingkan antara data yang telah lau dengna data yang baru. Metode
ini dapat dimanfaatkan untuk mengukur potensi pasar, mengetahui kecenderungan
harga pasar, dan menganalisis biaya distribusi.
3. Metode pengamatan (Observasi) yaitu yang
dilakukan oleh perusahaan atau penjual kepada konsumen dengna melihat secara
langsung berbagai kegiatan yang diterima langsung dilapangan
4. Metode percobaan (Eksperimen) yaitu yang dilakukan untuk mengetes berbagai macam
jenis reklame, promosi, penjualan untuk mendeteksi harga-harga, produk-produk
dan bungkusan baru.
c. Macam-macam
informasi dan data yang digunakan oleh perusahaan dibagi menjadi dua yaitu data kualitatif
dan data kuantitaf. Data kualitatif adalah data yang peburupa kata-kata yang digunakan
untuk penelitian dengan perubahan-perubahan trend dan selera konsumen. Sedangkan
kuantitatif adalah data yang berupa angka-angka yang dapat diperhitungkan,
misalnya harga barang, jumlah saingan produk.
d.
Prosedur penelitian pasar
Prosedur penelitian
pasar meliputi:
1. Merumusan masalah dan tujuan riset
2. Mengembangkan sumber-sumber informasi
3. Mengumpulkan informasi
4. Menganalisis informasi
5. Menyajikan penemuan-penemuan